we are

Kamis, 01 September 2016

Aneka Resep Olahan Wafel

Posted by   on

Wafel adalah adonan-atau kue adonan yang dimasak dengan berbasis besi wafel yang bermotif untuk memberikan bentuk khas dan karakteristik tertentu. Ada banyak variasi berdasarkan jenis dan bentuk dari besi dan resep yang digunakan. 



Wafel Hevermut Saus Madu

Bahan-Bahan Wafel:

1 sendok makan madu
150 gram tepung terigu
50 gram havermut
1/4 sendok teh garam
275 ml susu cair
1 sendok makan baking powder
25 gram gula pasir halus
2 butir telur
50 gram mentega tawar

Bahan Saus Madu:

1 sendok makan maizena , larutkan dengan 1 sdm air
150 ml air
1/4 sendok teh garam
100 ml madu

Cara Membuat Wafel Hevermut Saus Madu yang Lezat, Renyah dan Sehat

Cara Membuat Adonan Wafel:

Pertama-tama kita akan persiapkan terlebih dahulu peralatan yang akan digunakan seperti baskom, cetakan wafel, kocokan dan sebuah piring saji. Dengan mempersiapkan peralatan ini maka anda akan dapat membuat adonan wafel dengan lebih mudah dan lebih sederhana. Untuk itu maka pastikan bila anda sudah mempersiapkan semua peralatan yang disebutkan diatas.
Setelah selesai dengan peralatan lanjutkan dengan mempersiapkan beberapa bahan yang ada pada resep.
Bahan pertama adalah havermutnya. Bahan yang satu ini harus dihaluskan terlebih dahulu sebelum diolah atau dicampur dengan bahan lainnya. Untuk mengolahnya silahkan masukkan havermut kedalam blender dan aduk-aduk secara merata dengan menggunakan blender pada kecepatan tinggi selama kurang lebih 3 menit sampai halus secara merata. Setelah itu, matikan blender dan masukkan havermut kedalam wadah dan sisihkan sementara.
Bila sudah selesai lanjutkan dengan melelehkan margarin. Caranya masukan margarin kedalam wajan yang sudah dipanaskan pada kompor dengan menggunakan api yang sedang dan biarkan margarin sampai meleleh secara merata. Angkat, matikan kompor dan biarkan margarin menjadi lebih dingin pada suhu ruangan.
Setelah itu kocok telur sampai lepas dengan menggunakan kocokan atau dengan menggunakan garpu secara merata. Caranya lakukan dengan memecahkan telur dan membuang cangkangnya. Lalu kocok secara merata.
Untuk membuat adonan siapkan baskom dan camprukan kedalamnya havermut, tepung terigu, gula pasir dan baking powder. Aduk-aduk bahan ini secara merata sampai tercampur.
Kocok telur dalam wadah yang terpisah dan masukkan telur bersama dengan susu cair. Aduk-aduk secara merata dan tambahkan dengan madu dengan mentega yang sudah dilelehkan. Aduk-aduk secara merata sampai bahan ini tercampur secara merata.
Panaskan cetakan wafel dan olesi dengan menggunakan margarin secara merata.Tuangkan adonan kedalamnya dan tutup, lalu biarkan matang secara merata.

Cara Membuat Saus Madu:

Untuk membuat saus madu lakukan dengan mencampurkan madu bersama dengan air dan garam dalam panci. Lalu aduk-aduk secara merata sampai tercampur.
Setelah itu masak hingga mendidih dalam panci dan aduk-aduk secara merata.
Kentalkan dengan menggunakan larutan tepung mazeina dan aduk-aduk secara merata sampai meletup-letup. Angkat sajian ini dan sisihkan.
Sajikan wafel dalam piring dan berikan dengan saus madu yang sudah anda buat barusan. Nikmati selagi masih hangat.




Wafel Ice Cream

Bahan-Bahan Wafel:

280 gr tepung terigu
425 ml susu cair
1/2 sendok teh garam
2 butir telur
2 sendok makan gula pasir
1/2 sendok teh baking powder
50 gr margarin

Bahan Pelengkap:

Ice cream vanilla (sesai selera)

Cara Membuat Wafel Ice Cream Lembut yang Enak dan Renyah

Cara Mempersiapkan Bahan dan Peralatan:

Kita persiapkan terlebih dahulu peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat adonan wafel. Hal ini penting sekali untuk dilakukan dan sebaiknya anda dahulukan. Karena dengan begini maka nantinya anda akan dapat membuat adonan wafel dengan lebih mudah dan lebih praktis. Adapun beberapa peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat adonan wafel diantaranya adalah baskom, cetakan, kocokan dan sebuah piring saji. Mengingat cukup pentingnya fungsi dari peralatan kali ini maka sebaiknya anda tidak melewatkan beberapa barang yang sudah disebutkan diatas untuk dipersiapkan.
Setelah selesai mempersiapkan peralatan lanjutkan dengan mempersiapkan bahan-bahan yang ada pada resep. Yakni dengan melelehkan margarin. Caranya masukkan margarin kedalam wajan dan aduk-aduk secara merata. Biarkan wajan panas dan masak margarin sampai menjadi lebih cair secara merata. Angkat sajian ini dan sisihkan sementara agar lebih dingin pada suhu ruangan.
Untuk bahan-bahan lainnya anda hanya perlu menyiapkannya dekat dengan jangkauan anda. Untuk kemudian bahan-bahan tersebut akan siap untuk dicampur kedalam bahan-bahan lainnya.

Cara Membuat Adonan Wafel:

Untuk membuat adonan wafel lakukan dengan terlebih dahulu mengayak bahan-bahan kering seperti halnya tepung terigu dan juga baking powder secara bersamaan. Masukkan dalam saringan dan ayak bahan ini secara merata, lalu tampung dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.
Setelah selesai lanjutkan dengan mengocok margarin bersama dengan garam dan gula pasir halus sampai mengembang. Gunakan kocokan untuk mengaduk bahan-bahan ini secara merata. Masukkan telur kedalamnya dan aduk-aduk atau kocok sampai semuanya teraduk secara merata.
Setelah itu sambil tetap mengocok silahkan tambahkan susu cair sedikit demi sedikit dan aduk-aduk kembali secara merata sampai semua bahan ini tercampur merata.
Siapkan cetakan wafel, olesi dengan margarin secara merata hingga semua bagiannya terolesi dengan bahan ini. Setelah itu panaskan diatas kompor dengan menggunakan api yang kecil.
Tuangkan adonan kedalamnya dan tutupi lalu masak sampai adonan matang dan berwarna kecoklatan. Lakukan hal yang sama pada sisa adonan sampai habis dan matang secara merata.




Wafel Coklat Saus Blueberry

Bahan-Bahan Wafel:

200 gram tepung terigu
25 gram cokelat bubuk
1 sendok teh baking powder
1 sendok makan mentega
300 ml susu cair
4 sendok teh gula pasir halus
1 sendok makan gula pasir halus
1/8 sendok teh cokelat pasta
2 kuning telur
1/2 sendok teh garam
2 putih telur

Bahan Saus Blueberry:

2 sendok teh air jeruk lemon
150 gram selai bluberi
100 ml air
2 tetes pewarna ungu
1 sendok makan gula pasir
1 /2 sendok makan maizena

Bahan Pelengkap:

250 gram es krim vanila

Cara Membuat Wafel Coklat Saus Blueberry yang Renyah, Lembut dan Enak

Cara Membuat Saus Blueberry:

Untuk yang pertama akan dilakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan saus untuk wafel yakni saus blueberry. Untuk membuat saus ini bisa dilakukan dengan terlebih dahulu melarutkan bahan tepung mazeina dengan air matang sebanyak 1/2 sendok makan. Aduk-aduk bahan ini secara merata sampai tepung mezeina larut didalamnya. Aduk-aduk secara merata dan sisihkan terlebih dahulu dalam wadah tersebut.
Kemudian lanjutkan dengan memeras lemon. Untuk mendapatkan air lemon dengan jumlah yang tertera pada resep anda bisa membuatnya dari satu buah lemon dengan ukuran yang kecil. Peras dan ambil airnya saja lalu sisihkan sementara.
Siapkan panci diatas kompor dan masukkan saus blueberry kedalam panci lalu aduk-aduk secara merata sampai tercampur. Setelah itu ikuti dengan memasukkan air bersama dengan gula pasir dan pewarna makanan ungu. Aduk-aduk secara merata sampai tercampur.
Tambahkan dengan larutan tepung mazeina dan aduk-aduk secara merata. Setelah itu berikan dengan air jeruk lemon. Aduk-aduk secara merata sampai tercampur merata.
Angkat dari kompor dan sisihkan sementara sampai bahan ini menjadi lebih dingin.

Cara Membuat Adonan Wafel:

Untuk membuat adonan wafel lakukan dengan terlebih dahulu kocok telur sampai lepas dan masukkan dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.
Setelah itu lelehkan margairn dalam wajan. Caranya masukkan dalam wajan dan panaskan diatas kompor untuk kemudian biarkan sampai mencair. Angkat dan sisihkan sementara.
Ayak bahan-bahan kering seperti halnya cokelat bubuk, baking powder dan juga tepung terigu. Aduk-aduk bahan ini secara merata sampai tercampur secara merata. Sisihkan dalam wadah.
Kemduian dalam wadah yang lain aduk merata suus cair bersama dengan kuning telur secara merata dan tuangkan pasta coklat kedalamnya. Aduk-aduk kembali secara merata. Masukkan margarin yang sudah dilelehkan dan aduk kembali secara merata.
Masukkan campuran bahan cair ini kedalam campuran tepung. Aduk-aduk secara merata sampai bahan ini menjadi lebih licin secara merata.
Siapkan cetakan wafel dan panaskan secara merata. Masukan adonan kedalamnya dan tutupi lalu masak sampai matang.
Setelah matang sajikan wafel dalam piring dan berikan dengan saus blueberry dibagian atasnya. Berikan pula es krim yang sudah anda persiapkan.




Wafel Coklat Saus Almond

Bahan-Bahan Wafel:

250 gram tepung terigu
385 ml susu cair
1 sendok teh baking powder
2 sendok makan gula pasir halus
25 gram cokelat bubuk
2 kuning telur
1/2 sendok teh garam
2 sendok makan margarin
2 putih telur
1/8 sendok teh cokelat pasta
1 sendok makan gula pasir halus

Bahan Saus Almond:

50 gram gula pasir
250 ml susu cair
almond slice untuk taburan
1 sendok makan cokelat bubuk
2 tetes esens almond
50 gram dark cooking chocolate
2 sendok teh tepung maizena
es krim vanilla untuk pelengkap

Cara Membuat Wafel Coklat Saus Almond yang Nikmat, Enak dan Renyah

Cara Membuat Adonan Wafel:

Hal pertama bisa dilakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat adonan wafel. Beberapa peralatan yang dimaksud diantaranya adalah baskom, cetakan wafel, kocokan dan sebuah piring saji. Dengan mempersiapkan peralatan ini maka nantinya anda akan dapat membuat adonan wafel dengan lebih mudah lebih sederhana. Untuk itu maka pastikan jika semua peralatan yang disebutkan diatas sudah anda persiapkan secara merata.
Setelah selesai mempersiapkan peralatan lanjutkan dengan mempersiapkan telur. Caranya pecahkan telur dengan menggunakan pisau secara merata dan masukkan dalam wadah untuk kemudian kocok secara merata hingga tercampur antara kuning dan putih telurnya.
Bila sudah selesai lanjutkan dengan melelehkan margarin. Caranya masukkan margarin diatas wajan dan panaskan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang. Aduk-aduk secara merata dan biarkan agar margarin menjadi lebih leleh secara merata. Angkat bila sudah mencair dan sisihkan dalam wadah agar lebih dingin pada suhu ruangan.
Selanjutnya ayak bahan-bahan kering seperti halnya tepung terigu bersama dengan cokelat bubuk dan juga baking powder secara merata. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.
Setelah itu tambahkan dengan gula pasir halus dan aduk-aduk kembali sampai semua bahannya tercampur secara merata.
Masukkan kuning telur bersama dengan cokelat pasta dan aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini tercampur merata. Masukkan margarin yang sudah dilelehkan dan aduk-aduk kembali bahan ini sampai merata dan tercampur.
Dalam wadah yang lain silahkan kocok putih telur sampai setengah mengembang dan aduk-aduk secara merata. Masukkan gula pasi halus dan aduk-aduk kembali sampai mengembang secara keseluruhan.
Masukkan campuran ini kedalam campuran tepung terigu dan aduk-aduk secara merata sampai tercampur.
Siapkan cetakan wafel dan masukkan adonan kedalamnya. Tutup dengan menggunakan penutupnya secara merata dan masak sampai matang.

Cara Membuat Saus Almond:

Pertama silahkan siapkan panci diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang.
Lalu masukkan kedalamnya semua bahan saus dan aduk-aduk secara merata. Aduk-aduk sampai mendidih dan meletup-letup.
Setelah matang angkat wafel dan sajikan bersama dengan saus almond yang sudah dibuat barusan. Sajikan selagi masih hangat.



Waffle Gulung Pisang

Bahan-Bahan Waffle:

250 gram tepung terigu
1 sendok teh baking powder
3/4 sendok teh garam
550 ml susu cair
12 buah pisang ambon
2 sendok makan margarin
2 kuning telur
2 putih telur
1 sendok makan gula pasir halus
150 gram selai cokelat

Bahan Pelengkap:

Taburan keju
Potongan stroberi

Cara Membuat Waffle Gulung Pisang yang Lembut, Enak dan Nikmat

Cara Mempersiapkan Peralatan:

Pertama-tama lakukan dengan mempersiapkan baskom, wajan waffle, kocokan dan sebuah piring saji untuk anda bisa membuat adonan waffle. Dengan mempersiapkan peralatan diatas maka nantinya anda akan dapat membuat adonan waffle dengan lebih mudah dan lebih fokus tanpa harus terganggu karena belum mempersiapkan peralatan yang anda butuhkan. Nah mengingat cukup pentingnya fungsi peralatan diatas maka tidak sebaiknya anda melewati langkah kali ini.
Setelah selesai lanjutkan dengan mempersiapkan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat adonan waffle.
Bahan pertama adalah dengan melelehkan margarin. Untuk melakukan cara ini anda bisa menempatkan margarin diatas wajan dan panaskan dengan menggunakan api sedang diatas kompor. Masak dan biarkan sampai margarin menjadi lebih cair secara merata dan sisihkan lalu angkat agar menjadi lebih hangat pada suhu ruangan.
Selanjutnya adalah pisang. Kupas terlebih dahulu kulit pisang dengan perlahan sampai semua kulitnya dan kotoran pada pisang dibersihkan secara merata. Lalu potong-potong pisang menjadi dua bagian dan sisihkan dalam wadah untuk kemudian diamkan sementara.
Untuk telur kocok bahan ini dengan menggunakan kocokan sampai mengembang dan kaku secara merata. Lalu sisihkan dalam wadah.

Cara Membuat Adonan Waffle:

Untuk membuat adonan waffle lakukan dengan mengayak terlebih dahulu beberapa bahan kering seperti halnya terigu, baking powder dan juga garam. Aduk dan saring bahan-bahan ini dengan menggunakan saringan secara merata dan sisihkan dalam wadah untuk kemudian diamkan sementara.
Pada wadah yang lain silahkan tuangkan susu cair kedalamnya dan aduk-aduk secara merata. Tambahkan dengan kuning telur dan aduk-aduk secara merata sampai tercampur dan semua bahan menjadi menyatu.
Masukkan keju parut bersama dengan margarin yang telah dilelehkan sebelumnya. Aduk-aduk bersamaan secara merata sampai tercampur.
Kocok putih telur setengah mengembang dengan menggunakan kocokan. Masukkan gula pasir kedalamnya. Kocok lagi sampai mengembang dan gula larut bersama dengan telur.
Setelah itu, tuangkan bahan cair tersebut kedalam campuran bahan kering yakni terigu dan bahan-bahan lainnya yang sudah diayak. Aduk-aduk kembali dengan menggunakan kocokan sampai semua bahan ini tercampur secara merata.
Siapkan cetakan waffle dan tunggu sampai panas diatas api yang kecil. Tuangkan adonan waffle kedalamnya dan masak sampai kering dan matang secara merata.
Setelah matang, ambil satu lembar waffle dan olesi dengan menggunakan nutella secara merata. Letakkan pisang dibagian atasnya dan gulung secara merata. Sajikan dalam piring dan berikan dengan bahan pelengkap lain dibagian atasnya.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter